Jenis Burung Ciblek Ciri Fisik dan Gambarnya

PosKicau.com – Saat ini, ada beberapa jenis burung ciblek yang cukup populer di Indonesia. Popularitas ciblek sebagai burung kicau semakin meroket saat harga jualnya melambung tinggi pada tahun 2017 lalu. Harga yang tinggi tersebut bukannya tanpa alasan.

Baca Juga : Cara Merawat Ciblek Untuk Pemula Agar Rajin Gacor

Ciblek yang dulunya hanya sebatas burung liar yang mudah ditemui baik di sawah, di kebun, dan tempat-tempat lain saat ini sudah memiliki tempat khusus di hati para pencinta burung kicau. Berbagai perlombaan kicau ciblek pun diselenggarakan untuk mencari burung mungil dengan suara mengesankan terbaik tersebut.

jenis ciblek, jenis burung ciblek, burung prenjak, burung perenjak
Image source (goolge.co.id)

Jenis Burung Ciblek Ciri Fisik, dan Gambarnya

Jika anda tertarik untuk memelihara ciblek baik sebagai burung kicauan di rumah atau burung kontes, maka anda bisa menyimak penjelasan tentang jenis burung ciblek di bawah ini terlebih dahulu.

Ciblek Kebun/Semi

Jenis burung ciblek yang pertama adalah jenis ciblek kebun/semi. Tampilan fisik ciblek kebun bisa mudah dikenali dari panjangnya. Ciblek kebun memiliki panjang rata-rata hingga 13 cm mulai dari kepala sampai ekornya. Pada tubuh bagian atas, ciblek kebun memiliki bulu berwarna cokelat agak kehijauan yang terbentang dari leher hingga pangkal ekornya.

burung ciblek, ciblek kebun, ciblek semi
image source (zona-kicau.blogspot.com)

Sedangkan pada bagian dada, ciblek jenis ini memiliki bulu warna putih yang dominan. Turun ke bagian perut, bulu berwarna hijau kekuningan merata hingga ke bagian ekor bawah. Memang memerlukan sedikit kejelian untuk bisa melihat warna-warna gradasi tersebut. tanda yang paling mudah dari ciblek kebun adalah adanya garis hitam dan putih pada kedua sayap serta ekornya.

Ciblek Kristal/Putih

Jenis burung ciblek yang kedua adalah ciblek kristal atau juga dikenal dengan ciblek putih. Ciblek yang satu ini di dominasi oleh warna hitam dan putih yang sedikit mengkilat. Warna putih mendominasi bagian bawah tubuh mulai dari pangkal paruh hingga pangkal ekor.

ciblek putih, ciblek kristal, burung ciblek,
Image source (google.co.id)

Sedangkan untuk bagian tubuh sebelah atas, ciblek kristal memiliki warna hitam. Beberapa ciblek kristal memiliki warna hitam yang pekat, namun beberapa lainnya memiliki hitam yang agak keabu-abuan. Biasanya warna hitam tersebut menandakan apakah ciblek tersebut termasuk penjantan ataukah indukan.

Baca Juga : Cara Ternak Ciblek Langkah Langkah Untuk Pemula

Pada bagian ujung ekor ciblek terdapat aksen warna putih yang mengelilinginya. Habitat hidup ciblek kristal adalah hutan, kebun, serta daerah-daerah liar lain. Ciblek kristal sendiri merupakan salah satu burung yang paling sering digunakan untuk perlombaan karena terkenal memiliki mental yang kuat serta tidak mudah kalah.

Ciblek Sawah

Jenis ciblek yang selanjutnya adalah ciblek sawah. Bagi anda yang sehari-hari bekerja di sekitar daerah persawahan mungkin sudah akrab dengan burung yang satu ini. ciblek sawah atau ciblek pari memiliki ciri khusus yang sangat khas, yaitu karakter kicauannya yang cenderung halus dan lirih jika dibandingkan dengan jenis burung ciblek lainnya.

Ciblek sawah juga satu-satunya ciblek yang tidak pernah mengangkat ekornya saat sedang berkicau. Tubuh ciblek sawah sendiri juga tergolong kecil. Bulu yang mendominasi adalah warna abu-abu pada bagian atas kepala hingga ujung ekor, dan putih agak oranye pada bagian bawah.

Ciblek Gunung

Ciblek gunung terkenal karena memiliki suara kicau yang unik dibandingkan dengan suara ciblek-ciblek yang lain. Seperti namanya, cobek jenis ini paling mudah ditemui di habitatnya, yaitu daerah dataran tinggi perbukitan dan pegunungan.

Postur burung ciblek gunung ini cenderung kecil dan lincah. Garis warna pada tubuh ciblek gunung terlihat jelas. Baik bagian dahi, punggung hingga lehernya. Semuanya memiliki warna keabu-abuan. Sedangkan untuk bagian tubuh lainnya, ciblek gunung didominasi warna cokelat keemasan.

Ciblek Tambak

Jenis ciblek yang terakhir adalah ciblek tambak. Ciblek yang satu ini juga memiliki dua warna dasar yang mendominasi tubuhnya, yaitu putih dan abu-abu. Pada bagian leher sampai perut didominasi oleh warna putih. Sedangkan pada bagian punggung dan pantat, ada sedikit aksen warna kuningnya. Selebihnya, bagan ciblek tambak ditutup oleh warna abu-abu tersebut.

ciblek tambak, ciblek rawa, jenis ciblek
Image source  (youtube.com)

Ciblek tambak sendiri terkenal dengan karakter kicauan yang keras dan beruntun. Mungkin karakter inilah yang membuat ciblek tambak banyak dicari untuk keperluan kontes kicau oleh para pecinta burung di Indonesia.

Baca Juga : Harga Berbagai Jenis Burung Gelatik Terbaru

Penyebutan nama ciblek mungkin berbeda-beda pada tiap daerah. Namun kelima daftar jenis burung ciblek di atas adalah nama yang paling lazim di gunakan di dunia kicau ciblek Indonesia. Namun tak jarang, pengelompokan ciblek hanya terbagi menjadi empat saja, yaitu ciblek gunung, ciblek sawah, ciblek tambak, dan ciblek Jawa yang terdiri dari ciblek kebun dan ciblek kristal. Ciri fisik yang disebutkan di atas juga hanya sebagai tanda-tanda umum saja. Memang diperlukan kejelian untuk membedakan jenis ciblek mengingat ciblek-ciblek tersebut masih berada dalam satu famili sehingga tanda fisiknya pun sangat mirip.

Itulah penjelasan mengenai jenis burung ciblek yang paling populer di Indonesia, baik untuk peliharaan maupun ajang kontes. Tentu jenis perawatan yang dibutuhkan juga berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Semoga bermanfaat.